Pentingnya Kearsipan Bagi Pemerintah

Senin, 7 November 2011 00:34:39 - oleh : admin
Pentingnya Kearsipan Bagi Pemerintah

Pasuruan - Keberadaan arsip dalam suatu organisai, sering dikatakan sebagai salah satu indicator baik buruknya manajemen organisasi. Tuntutan akan terwujudnya Good Government dan Clean Government, yang berlandaskan prinsip-prinsip kepastian hukum, keterbukaan, akuntabilitas dan profesionalisme, mensyaratkan adanya suatu perubahan manajemen pemerintah.

Melalui rapat koordinasi kearsipan di lingkungan instansi pemerintah Kabupaten Pasuruan, diharapkan nantinya mampu menyelaraskan pemahaman tentang pengolaan arsip aset pemerintah daerah dengan sasaran yang ingin dicapai.
Dijelaskan Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan, Gunawan, tujuan diselenggarakan Rokor kearsipan ini untuk mewujudkan pengolaan arsip yang handal, efektif dan efisien guna mendorong percepatan refoemasi birokrasi sehingga lebih tanggap terhadap tuntutan masyarakat, bangsa dan Negara, mengingat pengoptimalan arsip adalah sebagai tulang punggung manajemen pemerintah dan pembangunan.

Rakor yang dibuka Wakil Bupati Pasuruan Eddy Paripurna pagi tadi 1/11 di Gedung Serba Guna Pemkab Pasuruan, diikuti seluruh kepala instansi meliputi Badan, Dinas, Kantor, Bagian, dan Kecamatan.

Wabup dalam sambutannya  juga mengharapkan pada rakor kearsipan ini jangan lagi berbicara di sekitar masalah arti pentingnya kearsipan, tetapi harus lebih fokus kepada persoalan konkrit yaitu bagaimana merumuskan konsep pembangunan kearsipan kedepan yang dilaksanakan terkoordinasi oleh berbagai elemen sebagaimana penjabaran UU No.43 tentang kearsipan. (tin)

Informasi "Berita SKPD" Lainnya